Rabu, Februari 21, 2024

Presiden Republik Indonesia Minta Timnas Indonesia U-17 Lolos ke Final Piala Dunia U-17

Berita Terkait

GaluhPro.com– Presiden RI, Joko Widodo memiliki harapan besar bagi Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. 

Joko Widodo berharap Timnas Indonesia U-17 besutan Bima Sakti dapat lolos ke final Piala Dunia U-17.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Jokowi saat meninjau kesiapan Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, pada Rabu (12/7/2023). 

Selain itu, Bandung juga menjadi tempat pertama seleksi daerah Timnas Indonesia U-17 untuk mencari bakat pemain daerah.

Bandung merupakan salah satu dari 10 tempat seleksi Timnas U-17 yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia.

Demi Skuad Terbaik di Piala Dunia U-17, Pemain Timnas Indonesia U-17 Harus Penuhi Standar Tinggi

Dengan melibatkan banyak pemain dalam seleksi ini, diharapkan kualitas pemain yang akan masuk Timnas Indonesia U-17 semakin baik. 

“Tadi Presiden meminta lolos ke final. Itu target tertinggi. Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik, kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain tim nasional Indonesia U-17,” jelas Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam laman PSSI.

Seleksi pemain muda tersebut melibatkan mantan pemain nasional yang kini menjadi pelatih dan pengarah bakat. 

Baca juga: Bek Timnas Indonesia Jadi Rebutan Banyak Klub Liga Inggris

Nama-nama seperti pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti, Rully Nerre, Budi Sudarsono, Firman Utina, Firmansyah, dan Indriyanto akan terlibat dalam pemantauan seleksi para calon pemain muda dari 12 klub Liga 1.

“Talenta Garuda adalah program kolaborasi antara klub Liga 1, PSSI, dan Asprov. Klub Liga 1 memanggil calon pemain sesuai kebutuhan pelatih dan mempersiapkan hal-hal teknis seleksi,” jelas Erick.

Menurut Erick Thohir, program Talenta Garuda menerapkan standar baru dalam mencari skuad terbaik untuk Timnas Indonesia U-17. 

Oleh karena itu, semua spesifikasi terbaik menjadi persyaratan utama, mulai dari kekuatan mental, postur tubuh dengan tinggi 170-185 cm, kemampuan otot, keterampilan, kognitif, disiplin, koordinasi yang baik, hingga nilai VO2max dengan rata-rata 60-65.

“Kami memang menerapkan passing grade yang tinggi. Ini tantangannya sebab bagaimanapun juga ini Piala Dunia FIFA pertama di Indonesia sehingga harus maksimal persiapan dan skuad Timnas U-17 kita. Para pemain kita harus punya passing akurat, dribbling bola yang kuat, dan shooting jitu,” jelas Erick. (GaluhPro/Dianti Rahayu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
Berita Terpopuler

Nama 11 Pemain yang Mendapat Panggilan Timnas Indonesia untuk Menghadapi Turkmenistan Terungkap

GaluhPro.com- Nama 11 pemain mendapat panggilan Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Turkmenistan September mendatang sudah terungkap.  Pihak klub yang mengumumkan...
- Advertisement -

Berita Terkait