Jumat, Februari 23, 2024

Menakar Untung Rugi Laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina

Berita Terkait

GaluhPro.com- Laga FIFA Matchday yang akan mempertemukan Timnas Indonesia vs Argentina sontak langsung jadi perhatian warganet.

Media sosial milik Timnas Argentina pun telah mengumumkan laga tersebut yang akan berlangsung 19 Juni 2023 mendatang di Jakarta.

Namun ternyata kedatangan tim peraih gelar juara Piala Dunia 2022 yang akan bermain dengan skuad Garuda tentu terdapat unsur untung rugi.

Untung Rugi Laga FIFA Matchday Melawan Argentina

Pengamat sepak bola nasional, Muhammad Yusuf Kurniawan menyoroti manfaat teknis pertandingan Timnas Indonesia melawan Argentina.

Ia menyebut manfaat teknis bagi Indonesia tidak terlalu besar karena perbedaan kualitas yang terlalu jauh.

“Timnas kita sudah pernah melawan Uruguay dan Belanda, tidak besar manfaat dari sisi teknik karena perbedaan kualitas yang terlalu jauh,” jelas Yusuf dilansir dari CNN Indonesia.

Namun demikian, laga kontra Argentina akan membawa dampak lebih besar bagi promosi Indonesia.

“Manfaat promosi Indonesia-nya lebih besar dari manfaat sepak bolanya,” jelasnya.

Laga melawan tim elite tersebut juga sekaligus menjadi sarana penyampaian pesan pada dunia, yakni Indonesia siap menjadi bagian besar dari sepak bola internasional.

Baca juga: Shin Tae-yong Serahkan Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk FIFA MAtchday Juni 2023

Kegagalan saat batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia pun setidaknya dapat terminimalisir dengan laga persahabatan kontra Argentina.

“Kita kan baru jatuh, dianggap gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, padahal secara teknis persiapan kita sudah siap. Jadi kedatangan Argentina menjadi bukti bahwa kita sebenarnya kompeten untuk menggelar event besar,” tuturnya.

Selain itu, laga persahabatan dengan Argentina pun dapat menjadi sarana bagi PSSI untuk menjalin kemitraan dengan federasi sepak bola lainnya.

Kesuksesan mendatangkan Argentina pun dapat menjadi tolak ukur positif perkembangan sepak bola Indonesia.

“Untuk PSSI, ini saatnya mengorganisasi kembali penyelenggaraan event besar dan menghidupkan kembali relasi dan kerja sama dengan federasi-federasi level dunia. Networking,” imbuhnya.

Namun demikian, kerugian pun tak dapat dihindari saat mengundang Argentina, tapi masih ada cara untuk menekan kerugian tersebut.

“Ruginya pasti kita akan kehilangan poin FIFA, dengan asumsi bakal kalah (melawan Argentina). Jadi, mau nggak mau harus menang lawan Palestina, supaya nggak jadi defisit poin di peringkat FIFA,” pungkas Yusuf. (GaluhPro/Dianti Rahayu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
Berita Terpopuler

Nama 11 Pemain yang Mendapat Panggilan Timnas Indonesia untuk Menghadapi Turkmenistan Terungkap

GaluhPro.com- Nama 11 pemain mendapat panggilan Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Turkmenistan September mendatang sudah terungkap.  Pihak klub yang mengumumkan...
- Advertisement -

Berita Terkait