Kamis, Februari 22, 2024

Komentar Pemerintah Israel Soal Penolakan Sejumlah Masyarakat Indonesia terkait Piala Dunia U20 2023

Berita Terkait

GaluhPro.com – Komentar Pemerintah Israel menanggapi soal penolakan dari masyarakat Indonesia, terhadap Timnas mereka tidak begitu menjadi permasalahan.

Sebelumnya, Piala Dunia U20 2023 pada awalnya akan berlangsung di Indonesia sebagai Negara terpillih untuk menjadi tuan rumah.

Namun satu bulan sebelum turnamen akbar sepak bola dunia itu terlaksana, tiba-tiba muncul berbagai polemik di kalangan masyarakat Indonesia.

Permasalahan yang terus menjadi sorotan hingga saat ini adalah mengenai penolakan keikutsertaan Timnas Israel jika Piala Dunia benar-benar berlangsung di Indonesia.

Lantaran permasalahan tersebut pun, pihak FIFA memutuskan untuk mencabut status tuan rumah Indonesia dalam Piala Dunia U20 2023.

Sebagaimana Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah karena munculnya intervensi dari masyarakat.

Kabar mengenai penolakan Timnas Israel masuk ke Indonesia memang cukup menghebohkan. Hingga mungundang komentar dari berbagai pihak.

Baca Juga: Piala Dunia U-17 2023 Batal Digelar di Peru, Apakah Indonesia Bisa Menggantinya?

Ini Komentar Pemerintah Israel

Pemerintah Israel buka suara soal penolakan timnas sepakbolanya dari masyarakat Indonesia dalam Piala Dunia U20 2023, saat Indonesia masih berstatus sebagai tuan rumah.

Melalui juru bicara Kementrian Luar Negeri Israel, Lior Haiat mengatakan, pihaknya tidak akan berkomentar lebih jauh.

Ia tidak akan menanggapi soal keputusan FIFA. Namun yang menjadi perhatiannya adalah soal masyarakat Indonesia yang masih mengaitkan antara olahraga dengan Politik.

“Kami tak akan mengomentari keputusan FIFA. Tetapi saya bisa mengatakan bahwa olahraga tak boleh dipengaruhi oleh politik,” kata Haiat dikutip dari laman CNN Indonesia (3/4).

Hal tersebut pun sebenarnya memang senada dengan pernyataan dari Presiden Indonesia, Joko Widodo. Ia memberi arahan kepada masyarakat agar tidak mencampuradukan antara olahraga dengan politik.

“Kita sepakat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia bahawa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati oleh anggotanya. Jadi jangan mencampuradukan antara olahraga dengan politik,” kata Jokowi melalui tayangan video dalam akun youtube pribadinya (29/3).

Presiden Jokowi juga menegaskan, posisi Indonesia tetap tak akan berubah dalam membela Palestina. Meskipun pemerintah mengizinkan Timnas Israel masuk ke Indonesia untuk megikuti Piala Dunia U20 2023. (GaluhPro/Seva)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
Berita Terpopuler

Nama 11 Pemain yang Mendapat Panggilan Timnas Indonesia untuk Menghadapi Turkmenistan Terungkap

GaluhPro.com- Nama 11 pemain mendapat panggilan Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Turkmenistan September mendatang sudah terungkap.  Pihak klub yang mengumumkan...
- Advertisement -

Berita Terkait