Rabu, Februari 21, 2024

Fisik Pemain Timnas Indonesia Sudah Mirip Korea Selatan, Tapi Ini Bedanya

Berita Terkait

GaluhPro.com – Fisik pemain Timnas Indonesia menurut Pelatih Shin Tae-yong sudah memiliki kemiripan dengan pemain Korea Selatan. Namun tentu ada yang membedakan.

Rata-rata stamina para pemain Timnas Indonesia cukup prima dan baik, bisa bermain spartan di sepanjang laga 90 menit.

Shin Tae-yong mengungkapkan pernyataan tersebut dalam sela-sela kegiatannya saat pemberian penghargaan K-League Hall of Fame di Jang Gu, Selasa (2/5/2023).

Selain itu, Shin Tae-yong juga membahas tentang perbedaan kualitas Timnas Indonesia dengan kualitas Timnas Korea Selatan yang mampu lolos ke Piala Dunia.

“Ada kemiripan kondisi fisik [pemain Timnas Indonesia dan Korea Selatan] tetapi lolos ke Piala Dunia adalah hal lain,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman CNN Indonesia (2/5).

Korea Selatan memang sudah menjadi langganan masuk ke ajang perhelatan sepak bola dunia tersebut. Bahkan mereka mampu bersaing dengan tim-tim Eropa dan Amerika.

Menurut Shin Tae-yong, meskipun kondisi fisik dan taktik Timnas Indonesia sama baiknya dengan Korea Selatan. Namun skuad Garuda masih lemah dari segi mental.

Baca Juga: Ini Prediksi Menpora Jelang Laga Timnas Indonesia U-22 vs Myanmar di SEA Games 2023

Fisik Pemain Timnas Indonesia Bagus, Namun Tidak dengan Mentalnya

Pelatih Shin Tae-yong mengatakan, tugasnya di Timnas Indonesia memang tidak mudah. Hal penting yang menurutnya sangat sulit adalah masalah mentalitas.

Jika berbicara masalah mental, para pemain Garuda hingga saat ini belum mampu untuk setara dengan Korea Selatan.

“Untuk pemain Indonesia, memiliki kondisi fisik yang mirip dengan Korea. Namun perlu ditekankan, bahwa berada di Piala Dunia sebanyak 10 kali, adalah bagian dari mental,” ucapnya menegaskan.

Shin Tae-yong telah menangani pasukan Merah Putih sejak dari akhir tahun 2019. Kontraknya bersama Timnas Indonesia akan berakhir di pengujung Desember 2023 mendatang.

Kehadiran Shin Tae-yong memang banyak memberikan perubahan yang cukup signifikan terutama dari segi permainan Timnas Indonesia.

Selain itu, kedatangannya pun membuka peluang pemain lokal untuk berkarier di Korea Selatan. Seperti Asnawi Mangkualam yang kini berkarir di klub Korsel, Jeonnam Dragons.

Pelatih kepala Timnas Indonesia itu mengaku akan terus membantu promosi K-League di Indonesia.

Langkah tersebut Ia lakukan agar masyarakat Indonesia lebih mengenal dan bisa belajar dari kompetisi elite Korea Selatan itu. (GaluhPro/Seva)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
Berita Terpopuler

Nama 11 Pemain yang Mendapat Panggilan Timnas Indonesia untuk Menghadapi Turkmenistan Terungkap

GaluhPro.com- Nama 11 pemain mendapat panggilan Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Turkmenistan September mendatang sudah terungkap.  Pihak klub yang mengumumkan...
- Advertisement -

Berita Terkait