Selasa, Februari 20, 2024

Erick Thohir Bela Pemain Naturalisasi yang Tampil Tak Sesuai Harapan

Berita Terkait

GaluhPro.com– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bela pemain naturalisasi dan mengakui Timnas Indonesia telah mengalami peningkatan. 

Namun Erick Thohir pun mengakui ada beberapa catatan agar skuad Garuda bisa tampil lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Setelah melakoni laga FIFA Matchday melawan Argentina pada Senin (19/6/2023) lalu, Timnas Indonesia mendapat sorotan dari media dalam negeri maupun asing. 

Meski skuad Garuda kalah 0-2 dari Argentina, Asnawi Mangkualam dan rekan-rekannya dipuji karena kegigihan yang hingga akhir pertandingan.

Penampilan tersebut lantas membuat banyak orang berpendapat Timnas Indonesia telah mengalami peningkatan.

Selain itu, banyaknya pemain Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri menjadi nilai tambah.

Dalam pertandingan melawan Argentina, beberapa pemainabroad seperti Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons) turut tampil. 

Selain itu, ada juga beberapa pemain keturunan dan naturalisasi yang berkontribusi memperkuat barisan Timnas Indonesia.

Pemain keturunan yang memilih menjadi WNI adalah Elkan Baggott (Ipswich Town). 

Sementara itu, beberapa pemain naturalisasi seperti Shayne Pattynama (Viking FK), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Ivar Jenner (FC Utrecht) juga sedang berkarir di luar negeri.

Melihat banyaknya pemain yang bermain di luar negeri dalam skuad Garuda ketika melawan Argentina, menunjukkan peningkatan kualitas sepak bola Indonesia. 

Erick Thohir mengakui bahwa timnas Indonesia telah naik kelas dengan hampir semua pemain dapat bermain di Eropa.

Tampil Tak Sesuai Harapan, Erick Thohir Bela Pemain Naturalisasi

Namun, Erick Thohir juga menyebut beberapa pemain naturalisasi yang belum mampu tampil maksimal dalam pertandingan melawan Argentina.

Ia menyebut Rafael dan Ivar telah tampil baik dan menyatu dengan tim, tetapi Shayne Pattynama mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan pemain lainnya. 

Baca juga: Kemungkinan Legenda Chelsea Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023

Erick Thohir membela Shayne dan menyebut penampilannya belum optimal karena kondisinya yang masih belum pulih sepenuhnya dari cedera.

“Untuk Shayne kemarin masih cedera sepertinya, dia baru 60 persen kemarin. Jadi jangan dibully dulu, namanya cedera,” ungkap Erick dikutip dari BolaSport.

Erick Thohir meminta agar publik tidak mengkritik pemain naturalisasi dan memberikan mereka waktu. 

Selain itu, Erick Thohir menegaskan Timnas Indonesia akan menghadapi jadwal yang padat dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023, sehingga semua pemain akan mendapatkan kesempatan dan rotasi dalam tim. (GaluhPro/Dianti Rahayu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
Berita Terpopuler

Nama 11 Pemain yang Mendapat Panggilan Timnas Indonesia untuk Menghadapi Turkmenistan Terungkap

GaluhPro.com- Nama 11 pemain mendapat panggilan Timnas Indonesia dalam pertandingan melawan Turkmenistan September mendatang sudah terungkap.  Pihak klub yang mengumumkan...
- Advertisement -

Berita Terkait